Kejujuran Adalah Asset

Menurut Robert T.Kiyosaki,aset adalah apa yang dapat memasukkan uang ke kantong anda dan bisa dijual.Sedang menurut saya,aset adalah sesuatu yang berharga,atau bahkan sangat berharga yang bisa menghasilkan sesuatu.

Agak mirip ya?

Tidak juga! Kalau pendapat Kiyosaki,segalanya menyangkut uang,sedangkan pendapat saya lebih dari itu,lebih luas daripada sekedar mendapatkan uang.Yang didapatkan bisa hubungan baik dengan orang lain,persahabatan,kebahagiaan,dan lain-lain yang menurut saya lebih berharga dari uang.

Saya tidak mengesampingkan fungsi uang dalam kehidupan.Uang memang sangat penting.Tapi,mengaitkan segala sesuatu dengan uang adalah sifat orang yang materialistis.Orang semacam ini,akan sulit sekali mempunyai sifat tulus dan mungkin akan kehilangan hal-hal berharga yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Salah satu aset berharga yang kita sungguh beruntung apabila memilikinya adalah kepercayaan orang lain kepada kita.Kepercayaan bisa menghasilkan sesuatu yang berharga kepada kita,termasuk uang.Untuk mendapatkan kepercayaan,banyak hal yang harus kita miliki,misal tanggung jawab,dedikasi,dan kejujuran.Yang menjadi pembahasan kita kali ini adalah tentang kejujuran,bagaimana perannya sebagai aset yang harus kita jaga,agar aset lainnya,yaitu kepercayaan bisa terjaga.

Kejujuran merupakan sifat yang sangat baik.Bahkan saya berani mengatakan orang yang baik pasti jujur.Orang yang jujur akan mendapat tempat yang baik pada hati manusia.Sifat jujur harus dimiliki oleh setiap pedagang,pengusaha,pegawai,apalagi seorang pemimpin.Tapi kenyataan sekarang,sering kita lihat orang-orang semacam mereka yang mengorbankan kejujuran hanya untuk meraup keuntungan yang sedikit.Mereka tidak segan-segan merugikan orang lain untuk itu.Saya berpikir,bagaimana kalau kepercayaan orang lain hilang sementara dia sangat membutuhkan,pastinya dia akan sangat kesulitan.

Apabila anda ditipu oleh seseorang,apakah anda mau lagi mempercayakan sesuatu kepada dia? Jawabannya pasti anda tidak mau,kecuali anda mempunyai alasan tertentu.Sebaliknya,ketika anda mempercayakan sesuatu kepada orang yang ternyata jujur,membeli kepada pedagang yang anda lihat jujur,rasa cinta anda kepada kejujurannya bisa menjadikan keinginan untuk ‘kembali kepada dia’.Ini salah satu dampak kejujuran.Dan selain itu banyak sekali dampak positifnya.

Cara Menumbuhkan Kejujuran

Segala sesuatu bila dibiasakan,niscaya akan menjadi sebuah kebiasaan.Entah itu yang baik ataupun yang buruk.Membiasakan diri untuk selalu jujur,walaupun dalam hal yang dalam pandangan kita kecil,akan membuat kejujuran menjadi kebiasaan kita.Jangan meremehkan yang kecil,sebab,sesuatu yang besar bermula dari yang kecil.Terkadang,tanpa sadar kita mengajarkan bohong kepada anak kita.Misalnya,karena malas untuk menemui tamu,kita meminta tolong kepada anak kita untuk mengatakan kepada tamu bahwa kita tidak ada.Sebagai orang tua kita harus menjadi contoh yang baik.Berlakulah jujur agar anak anda jujur.

Bergaulah dengan orang jujur agar anda ‘tertular’ sifat mereka.Pergaulan sangat berpengaruh terhadap kepribadian kita.Orang yang terbiasa bergaul dengan orang yang tidak jujur,dikhawatirkan lambat laun meniru sifatnya.Awal korupsi yang besar berasal dari hal-hal seperti ini.

Menjaga Kepercayaan

Apabila kita sudah diberi kepercayaan karena orang lain menganggap kita jujur,maka jangan sia-siakan kepercayaan mereka.Rawatlah kepercayaan mereka dengan selalu bersikap jujur.Kita taburkan benih-benih kejujuran kepada orang lain,dengan harapan dia mengikuti kita. Kekuatan doa juga sangat berpengaruh terhadap hal ini.Semoga saja,anda semakin dicintai orang lain dan mendapatkan hal-hal yang lebih daripada yang anda inginkan.

0 komentar:

Terimakasih Atas Kunjungan Anda dan Kiranya Bermanfaat dan Jangan Lupa Datang Lagi

SIHOTANGBLOG REGISTER

""This is a Personal Blog" "

MEMBER LOGIN

Lost your password?

LOGIN WITH OTHER ACCOUNT

Klik Here