Atasi Stres Dengan Mengurangi Beban Pikiran






Pertama Anda membaca judul mungkin Anda akan berpikir: mana mungkin? Impossible! Sebagai seorang warga negara, anggota masyarakat, perempuan bekerja sekaligus istri dan ibu, rasanya tidak mungkin Anda tidak banyak pikiran, begitu pikir Anda. Well, sebenarnya bisa kok. Atasi stres bukan dari stres tapi bagaimana Anda menyikapi masalah-masalah penyebab stres. Winn Claybaugh, penulis buku Be Nice (Or Else!) juga seorang motivational speakers menurut Larry King, memberi tipnya.





Causes & Contributions
Sering kali, kita sebagai anggota masyarakat ingin bisa membantu lingkungan sekitar kita. Bahkan mungkin beberapa dari Anda ada yang aktif dalam kepengurusan RT/RW. Sayangnya sering kali secara tidak sadar keterlibatan Anda tersebut sering dibawa terlalu personal.
Contohnya: Anda gusar ketika tetangga sebelah tidak mengkategorikan sampah mereka menjadi sampah basah atau kering, seperti Anda. Atau Anda selalu menggerutu setiap kali melihat pemuda-pemuda penggangguran yang 'nongkrong' sambil bernyanyi-nyanyi, dan hal-hal seperti itu.
Anda memang memiliki tanggung jawab sebagai anggota masyarakat namun bukan berarti itu menjadi tugas Anda memikirkan itu semua. Anda akan kehilangan kesenangan dalam hidup jika semua masalah Anda risaukan.
”Emang Gue Pikirin”

Pernah mendengar istilah prokem “So what githu lho?” atau “Emang gue pikirin?!” ‘kan? Nah, cobalah mengambil pesan ‘cuek’ yang disampaikan dalam kalimat tersebut.
Maksudnya ada banyak masalah yang sebenarnya tidak perlu menjadi isyu yang harus Anda pikirkan. Anda punya hak untuk menentukan masalah mana yang harus Anda pikirkan mana yang tidak, singkatnya masalah kecil tidak perlu menjadi besar. Jika Anda sudah bisa memiliki sikap 'let things go' , Anda akan lebih lepas dalam hidup dan mengurangi stres Anda.

Jadi, lepaskan dan berlalulah...





Lalu, Bagaimana caranya sebuah masalah layak dipikirkan dan mana yang tidak?

Seorang motivator speakerRita Davenport dari AS mengatakan ”Jika uang bisa mengatasinya, maka hal itu tidak menjadi masalah”.
Mengacu dari kalimat tersebut, cobalah tulis diatas kertas hal-hal yang membuat Anda cemas, tidak bisa tidur dan emosi. Lalu tanyakan pada Anda untuk setiap item : Apakah uang bisa membantu menyelesaikan masalah ini?” lalu tulis ”Ya atau Tidak” di kolom sebelahnya.
Jika uang bisa mengatasinya, maka Anda bisa menyimpan tenaga dan pikiran Anda untuk masalah tersebut, dan lebih berkonsen pada kolom ’Tidak’. Jika Anda cukup konsisten dengan apa yang ditulis, maka Anda akan menikmati hidup yang lebih sehat tanpa stres.
 

0 komentar:

Terimakasih Atas Kunjungan Anda dan Kiranya Bermanfaat dan Jangan Lupa Datang Lagi

SIHOTANGBLOG REGISTER

""This is a Personal Blog" "

MEMBER LOGIN

Lost your password?

LOGIN WITH OTHER ACCOUNT

Klik Here