Konsisten

Bahwa ada hasil dari apa yang kita lakukan, sudah menjadi sebuah kesepakatan. Hanya saja, tidak banyak yang menyadari, untuk mendapatkan sebuah hasil, terkadang tidak sesederhana yang kita bayangkan. Banyak jalan berliku dan menanjak yang bisa membuat kita putus asa, mengurungkan niat atau mencoba memulai hal yang lain.


Ada kisah mengenai batu. Sekeras apapun sebuah batu, akan menjadi hancur ‘hanya’ karena tetesan air. Dengan syarat air itu menetes secara terus menerus. Inilah yang mengilhami Imam Ibnu Hajar Al Asqalani-salah seorang ulama dan ahli Hadist terbesar- untuk terus menuntut ilmu di tengah keterbatasan yang dimiliki. Semangat dan konsistensi beliau dalam menuntut ilmu, membuahkan hasil yang spektakuler. Demikian juga yang lain, untuk mendapatkan sebuah hasil diperlukan sikap konsisten.

Berbicara tentang sikap konsisten, menurut KBBI online, mempunyai dua arti:

1 tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek;

2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya — dng ucapan.

Mari kita jabarkan dua definisi konsisten diatas. Definisi pertama, konsisten berarti tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; Sebuah sikap mental dalam menghadapi sesuatu-baik yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan-yang sifatnya terus menerus. Konsisten lebih luas dari sikap disiplin. Konsisten didasari oleh sebuah paradigma, sedang disiplin didasarkan pada alasan.Tidak seperti alasan yang mudah berubah karena sebuah informasi, untuk merubah paradigma sangatlah sulit. Sebab, paradigma adalah kerangka yang membentuk pikiran kita dan biasanya dipengaruhi oleh perjalanan hidup. Walaupun begitu betapapun sulitnya, untuk memupuk konsistensi, harus terlebih dahulu merubah dan membentuk paradigma yang dimiliki . Ketika paradigma terbentuk, terbentuklah sebuah alasan yang kuat atau komitmen. Kemudian muncul tindakan. Paradigma adalah air, tetesan adalah tindakan, batu adalah tujuan. Nah semakin kuat paradigma, semakin banyak tetesan yang mengarah ke batu, dan makin besar kemungkinan untuk ‘hancur’. Hancurnya sebuah batu adalah tercapainya sebuah tujuan.

0 komentar:

Terimakasih Atas Kunjungan Anda dan Kiranya Bermanfaat dan Jangan Lupa Datang Lagi

SIHOTANGBLOG REGISTER

""This is a Personal Blog" "

MEMBER LOGIN

Lost your password?

LOGIN WITH OTHER ACCOUNT

Klik Here